Kamis, 21 Juni 2012

Pengalaman Menggunakan e-Commerce

Waktu itu teman saya bernama Arie membeli sebuah sweater kuning bermerek import melalui website KASKUS. Pertama ia melihat iklan-iklan di KASKUS ia melihat spesifikasi barangnya. Ketika ia tertarik dengan barang tersebut maka ia melakukan penawaran dan perjanjian dengan si Penjual. Ia membuat perjanjian bahwa barang harus dibawa langsung (dengan cara bertemu langsung) dan pembayaran akan dilakukan setelah barang diberikan. Setelah si penjual dan Arie menyetujui perjanjian dan harga, maka si Penjual langsung memberikan tanda pada iklan bahwa barangnya sudah terjual.Tiba saatnya pengambilan dan pembayaran barang, Arie dan si Penjual bertemu dan melakukan transaksi lalu selesailah proses jual beli.

Saran Saya Jika Menggunakan Jasa e-Commerce
1. Jika barang tersebut memiliki harga cukup tinggi maka sebaiknya pembayaran dilakukan secara langsung (dengan cara bertemu dengan si penjual).
2. Jangan menggunakan jasa pengiriman jika yang dibeli itu merupakan barang-barang elektronik.
3. Berbelanja dengan hati-hati, pilih iklan dengan penjual yang telah terpercaya (lihat pesan-pesan pembeli terdahulu pada homesite si penjual)
4. Bertanya secara detail tentang spesifikasi barang yang akan dibeli



Analisis Fitur Fitur pada e-Commerce

Studi ini dilakukan untuk menguji “Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia menggunakan Analisa Kualitatif dan Kuantitatif”. Tulisan ini mempunyai rumusan masalah: “bagaimana faktor kualitas dan fitur dapat mempengaruhi penggunaan dan kepuasan pengguna website ecommerce di Indonesia. Kegiatan penelitian ini telah dilakukan di tiga kota yaitu, Padang, Jakarta, dan Mataram. Penelitian dilaksanakan pada permulaan tahun sampai akhir tahun 2009. Metode yang dipakai yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survey lapangan dengan menggunakan analisa statistik. Responden adalah mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi yang sedang atau telah mengambil mata kulaih Sistem Informasi Manajemen (SIM). Kusioner telah disebarkan ke tiga lokasi tersebut dengan hasil 409 respon yang terkumpul, kemudian diolah menggunakan SEM/PLS menggunakan program SmartPLS untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian terlihat bahwa kualitas sistem, kualitas infromasi dan fitur adalah penting dalam memnggunakan website ecommerce di Indonesia. Sementara untuk memberikan kepuasan pengujung, website ecommerce perlu memperhatikan faktor kualitas sistem dan manfaat dalam menggunakannya. Kualitas sistem, adalah lebih menggunakan teknologi yang user freindly, loading yang cepat dan mudah ditemukan di internet. Untuk kualitas informasi adalah kelengkapan dan up-to-date sangat penting diperhatikan pada isi dari situs perusahaan. Sementara untuk fitur-fitur yang digunakan dalam halaman-halaman situs perusahaan terlihat bahwa yang paling penting adalah alamat kontak dan fitur navigasi yang lengkap untuk browsing ke halaman situs tersebut. Media pembayaran online yang digunakan adalah penting bagi pengunjung yang ingin berbelanja melalui website ecommerce. Dan juga manfaat dalam menggunakan juga menentukan terutama berkaitan untuk efektifitas kerja pengujung selama surfing ke halaman-halaman website ecommerce Indonesia. Akhirnya, setelah dilakukan kegiatan penelitian ini, diharapkan kepada berbagai pihak untuk dapat memanfaatkan hasil penelitian sesuai dengan keperluannya sehingga hasil penelitian benar-benar memberikan kontribusi kepada perusahaan dan negara.


Contoh Analisis pada Web Sophie Martin




E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan E-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk E-commerce ini.
Pada posting kali ini kami ingin membahas tentang salah satu jenis E-commerce yaitu Sophie Martin, dimana Sophie Martin ini adalah sebuah bentuk E-commerce yang menjual berbagai macam product fasion pria dan wanita dalam bentuk online, MLM dan juga outlet resmi Berikut ini adalah penjelasannya,

1. Profil Sophie Martin.
Sophie martin adalah perusahaan Multi Level Marketing yang didirikan oleh sepasang suami istri berkebangsaan Prancis yang datang ke Indonesia pada tahun 1997, yaito Bruno Hasson dan Sophie Martin. Sudah jelas bahwa nama Sophie Martin diambil dari nama seorang wanita berkebangsaan Prancis, yang lahir di paris tahun 1969. manyelesaikan pendidikannya di Academic Des Beaux Art Paris, kemudian memulai karirnya dengan bekerja pada ayahnya yang merupakan seorang importer tas Italia yang terkenal sejak tahun 1970-1990. karirnya Sophie berkembang dengan bergabungnya Sophie bersama Christian Dior selama dua tahun sebagai seorang desainer handbag.
Keahlian Sophie martin dalam mendesain produk fashion terutama tas dan didukung kepiawaian Bruno Hasson dalam meletakkan dasar-dasar manajemen menjadikan Sophie Martin bertumbuh pesat dalam waktu kurang lebih sepuluh tahun. Saat ini, Sophie Martin sudah memiliki lebih dari 300 BC (Business Center) yang tersebar diseluruh Indonesia. Member adalah orang yang bersedia mengikatkan dirinya sebagai member Sophie Martin yang berhak membeli dan menjual/ memasarkan produk dengan mendapatkan keuntungan bonus, dan fasilitas
2. Visi dan Misi Sophie Martin.
Menjadi terkenal di seluruh Asia dan tetap menjadi leader di bidang MLM dengan membangun member yang berkelanjutan. Strategi Marketing yang dilakukan:
a. Menerbitkan katalog setiap dua bulan sekali
b. Menjual kurang lebih 150 item untuk setiap katalog menampilkan produk yang “The Best Of The Best”
c. Design yang trendi
d. Harga yang kompetitif dan terjangkau
e. Mangadakan promosi pada setiap penerbitan catalog
f. Fashion Show oleh BC setiap 6 bualan sekali
g. Acara Mall to Mall
h. Memberikan Sponsorship
3.Produk Shopie Martin
a. Tas
b. Aksesoris
c. Garment
d. Koshize Series: untuk wanita dewasa dengan ragam pilihan.
e. Kluge Series serangkaian produk kosmetik yang disiapkan untuk ABG
atau remaja yang tersedia dalam berbagai ragam.
f. Skin dan Personal Care Series
g. Whitening Series: whitening cleansing milk, C face toner, whitening emultion
SPF 15, dan night whitening cream + AHA.
h. Tea Tree Series
i. Beautycal Series: pore minimizing wash & tone, minimizing astringent, minimizing daily moisturizer, minimizing night serum, minimizing soft mask.
j. Body lotion.
4. Kebijakan Promosi.
Kebijakan pembauran pemasaran tentu akan lebih berhasil jika apa telah diprogram dikomunikasikan dengan sistem yang baik. Mengkomunikasikan program perusahaan kepada masyarakat konsumen dapat dilakukan dengan empat variabel, yaitu :
1) Periklanan : Bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang, dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.
2) Personal selling: Presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan satu calon pembeli atau lebih yang ditujukan untuk menciptakan penjualan.
3) Publisitas: Pendorong permintaan secara non pribadi untuk suatu produk, jasa atau ide dengan menggunakan berita komersial di dalam media massa dan sponsor tidak dibebani sejumlah bayaran secara langsung.
4) Promosi penjualan : Kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong pembelian konsumen dan efektifitas pengecer.
Sebagai perusahaan yang menggunakan Personal Selling atau lebih cenderung Multi Level Marketing. Keputusan Sophie Martin tentang bauran promosi mencakup : Penyampaian pesan, penerimaan pesan dari media yang digunakan, tanggapan dan umpan balik serta gangguan. Untuk itu sebelum keputusan bauran promosi ditetapkan, maka perlu terlebih dahulu diidentifikasi khalayak yang dijadikan sasaran, ditentukan tujuan promosi, merancang pesan, menetapkan sasaran promosi dan menyeleksi media yang digunakan. Selanjutnya pelaksanaan promosi harus terkoordinasi, konsisten, tepat waktu dan dievaluasi.
Tentunya kebijaksanaan pemasaran yang di susun oleh Sophie Martin memperhatikan peran atau kondisinya dalam dunia bisnis, yaitu apakah dalam dunia bisnis tergolong perusahaan pemimpin, penantang, pengikut atau menggarap relung pasar. Sebab kondisi perusahaan dalam dunia bisnis akan mempengaruhi tantangan yang dihadapi. Misalnya tantangan yang dihadapi perusahaan yang tergolong pemimpin pasar adalah melindungi pasar yang dikuasai, memperluas pasar dan mengembangkan market share. Tentunya karena perbedaan permasalahan atau tantangan yang dihadapi akan menyebabkan strateginya juga akan bebeda. Sophie Martin memutuskan untuk memasuki pasar internasional, maka perlu di susun suatu cara yang sistematis mengenai keputusan keikutsertaan tersebut. Hal ini disebabkan pasar internasional mengandung resiko yang tidak sama dibandingkan dengan pasar domestik yang disebabkan kurangnya pengalaman, kebiasaan yang berbeda, hukum yang berbeda dan lain-lain.
Untuk itu langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami sistem perdagangan internasional, hukum, politik, lingkungan ekonomi dan budaya pasar yang di tuju. Kemudian ditentukan besarnya penjualan untuk pasar internasional yang didinginkan, negara tujuan dan pasar yang dituju negara tersebut. Langkah selanjutnya adalah menentukan cara untuk memasuki pasar yang dituju tersebut.
Memasuki pasar internasional dapat dilakukan dengan, berbagai cara antara lain dengan cara ekspor, usaha patungan dan penanaman modal langsung. Tentunya cara mana yang dipilih tergantung pada penilaian yang mana yang paling memungkinkan, yaitu setelah memperhatikan pelaksanaan ekonomi dari negara yang dituju. Dan langkah terakhir adalah membentuk organisasi yang efektif untuk mendukung kebijaksanaan memasuki pasar internasional tersebut. Sedangkan pada tahapan meyakinkan, pemesanan dan pemesanan ulang manajemen dari Sophie Martin menekankan pada kebijakan penjualan personal, karena pada tahapan tersebut diperlukan pendekatan yang lebih pribadi kepada konsumen sasaran.Tahapan siklus kehidupan produk, mulai dari tahapan perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan, memerlukan kegiatan promosi yang berbeda. Pada tahap perkenalan dan kedewasaan, Sophie Martin merasa penting untuk menginformasikan keberadaan produk barunya atau produk hasil inovasi baru, modifikasi atau pembedaan produknya dari produk pesaing kepada konsumen. Karena itu, kegiatan periklanan yang bisa mencakup daerah yang luas dan menjadi sasaran potensial mungkin efektif diterapkan perusahaan. Namun pada tahap pertumbuhan dan penurunan, kegiatan promosi penjualan bisa diterapkan untuk menunjang fokus strategi pemasaran yang lebih menekankan pada kebijakan kegiatan distribusi dan penetapan harga. Oleh sebab itu Sophie Martin menjalankan bisnisnya seperti uraian di bawah ini.
Cara Menjalankan Bisnis di Sophie Martin:
a. Business Center: tempat yang disediakan untuk berbelanja produk
Sophie Martin secara langsung.
b. Dengan cara menjadi member Sophie Martim. Cara menjadi member:
• Berusia 15 tahun ke atas
• Membeli starter kit
• Bersedia mengisi formulir
c. Tingkat member:
• Presiden: tingkat ini didapat jika telah resmi terdaftar sebagai member
• Franchise: Franchise, silver Franchise, Gold Franchise, Diamond Franchise, Executive Franchise.
d. Keuntungan menjadi member:
1. Discount 30%: diberikan untuk semua tingkat member apabila berbelanja produk Shopie Martin di Business Center Shopie Martin. Untuk wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya diberikan dicount 20%.
2. Bonus Belanja Sendiri: diberikan kepada semua tingkatan member dengan ketentuan tertentu.
3. Bonus Bulan Madu: diberikan kepada semua tingkatan member yang berhasil merekrut 1 member baru dan memenuhi persyaratan tertentu.
4. Bonus Pendekatan: diberikan dari hasil pembelanjaan downline level 1 yang masih presiden dan dengan perhitungan tertentu.
5. Bonus Reward-Franchise: berlaku hanya 3 bulan pertama sejak menduduki kedudukan franchise.
6. Bonus Royalti: bonus yang paling besar dari Multi Level Merketing Sophie Martin, diberikan pada member yang telah mencapai perangkat minimal franchise dengan variasi 5% sampai 10% (tergantung peringkat member).
7. Bonus Master Winner: bonus yang dapt diperoleh member yang telah berperingkat franchise ke atas. Bonus ini ditentukan oleh PNP (personal Networ Point) dan NP (Networ Point). Presentase bonus ini dikalikan dari hasil bonus royalty.
5. Harga Jual Produk
Harga jual produk ditentukan oleh perusahaan dan pembeli produk dari perusahaan atau tempat-tempat yang dituju oleh perusahaan, harus dengan pembayaran secara tunai. Member tidak diperbolehkan menjual produk dengan harga yang lebih rendah atau lebih tinggi dari harga yang telah ditentukan oleh perusahaan. Tujuannya agar tidak terjadi persaingan harga produk antara perusahaan dan member.
6. Pelaksanaan Pemasaran
Strategi pemasaran yang disusun tentu akan di uji dalam pelaksanaan untuk mengetahui tepat atau tidak yang ditetapkan tersebut, Hal ini akan tercermin dari tingkat penjualan, market share yang dikuasai dan dan biaya yang dikorbankan. Untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan strategi pemasaran yang disusun, maka dibutuhkan kesiapan organisasi perusahaan dan pelaksanaannya. Dalam rangka itu, perlu dibuat kerangka organisasi yang jelas, efisien dan memuaskan bagi personalianya. Selanjutnya personalia organisasi harus diseleksi dengan baik untuk mendapatkan tenaga yang benar-henar berkualitas, terampil dan mempunyai kemampuan.
7. Pengendalian Pemasaran
Strategi pemasaran yang dibuat tentu belum dapat dipastikan menjadi kenyataan. Karena ada unsur ketidak pastian dalam pelaksanaan, maka strategi yang di susun harus selalu dikendalikan. Pengendalian pemasaran dilakukan dengan membandingkan realisasi dan rencana pemasaran yang disusun. Hasil yang tidak sama, baik terlalu besar di atas target, merupakan penyimpangan yang perlu mendapatkan perhatian. Oleh karena itu pengendalian pemasaran semata-mata dimaksudkan agar dapat diketahui kemajuan peiaksanaan, hambatan yang ditemui oleh faktor penunjang apa yang dibutuhkan untuk kelancaran kegiatan pemasaran. Di samping itu akan dengan cepat diketahui bila ada penyimpangan, penyebabnya untuk selanjutnya di buat tindakan perbaikan.

Contoh Web e-Commerce Indonesia

1. KASKUS


Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser.Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia.Anggotanya, yang berjumlah lebih dari 1.620.000 member, tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa.
Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 100 juta posting.
Menurut Alexa.com, pada bulan April 2010 Kaskus berada di peringkat 313 dunia dan menduduki peringkat 6 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

2. SOPHIE MARTIN

Sophie martin adalah perusahaan Multi Level Marketing yang didirikan oleh sepasang suami istri berkebangsaan Prancis yang datang ke Indonesia pada tahun 1997, yaito Bruno Hasson dan Sophie Martin. Sudah jelas bahwa nama Sophie Martin diambil dari nama seorang wanita berkebangsaan Prancis, yang lahir di paris tahun 1969. manyelesaikan pendidikannya di Academic Des Beaux Art Paris, kemudian memulai karirnya dengan bekerja pada ayahnya yang merupakan seorang importer tas Italia yang terkenal sejak tahun 1970-1990. karirnya Sophie berkembang dengan bergabungnya Sophie bersama Christian Dior selama dua tahun sebagai seorang desainer handbag.
Keahlian Sophie martin dalam mendesain produk fashion terutama tas dan didukung kepiawaian Bruno Hasson dalam meletakkan dasar-dasar manajemen menjadikan Sophie Martin bertumbuh pesat dalam waktu kurang lebih sepuluh tahun. Saat ini, Sophie Martin sudah memiliki lebih dari 300 BC (Business Center) yang tersebar diseluruh Indonesia. Member adalah orang yang bersedia mengikatkan dirinya sebagai member Sophie Martin yang berhak membeli dan menjual/ memasarkan produk dengan mendapatkan keuntungan bonus, dan fasilitas

3. TOKOBAGUS.COM




Tokobagus.com adalah pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Tempat untuk mencari barang baru dan bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja. Untuk para penjual, pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Tokobagus. Iklan anda akan dilihat oleh ratusan ribu orang setiap harinya. Bertransaksi di Tokobagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan gratis. Bergabunglah sekarang juga bersama jutaan member lain yang sudah terdaftar.

4. BLIBLI.COM



Blibli.com merupakan salah satu situs e-commerce di Indonesia yang menawarkan aneka produk, sepertifashion, produk kecantikan, gadget, elektronik, dan sebagainya. Dalam hal merek produk, produk yang ditawarkan di Blibli.com ada yang bermerek internasional maupun lokal. Semua produk yang tampil di Blibli.com adalah produk orisinal dan bergaransi resmi, sehingga konsumen terbebas dari produk tiruan ataupun pasar gelap. Blibli.com sendiri berupaya untuk menawarkan sistem online mall yang inovatif.

Desain web yang digunakan dalam Blibli.com sangatlah unik. Dengan adanya gambar-gambar bergerak memberikan warna lain dalam situs e-commerce ini. Blibli.com juga berupaya untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan menampilkan keunggulan kompetitifnya dengan adanya laman “what the experts say”. Laman ini bertujuan untuk memberikan referensi kepada konsumen mengenai manfaat dari berbagai macam produk. Situs ini juga menampilkan berbagai tweet dari twitter yang berkaitan dengan situs ini. Selain itu, ada pula “let’s chat” yang memudahkan konsumen untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola Blibli.com.
Dalam hal pembayaran, Blibli.com menggunakan sistem pembayaran online melalui berbagai layanan pembayaran online dari berbagai bank di tanah air. Layanan tersebut antara lain: BCA klikpay, mandiriclickpay, dan sebagainya. Di samping itu, dalam hal penyerahan barang kepada konsumen, Blibli.com juga berkerja sama dengan berbagai perusahaan yang melayani jasa antar barang. Contohnya adalah JNE.